Berlatih 1.7
A. SOAL
PILIHAN GANDA
1). Bilangan 98 senilai dengan ...
a. 89
b. 310
c. 184
d. 316
Pembahasan:
9⁸
= (3²)⁸
= 3² ˣ ⁸
= 3¹⁶ (Jawaban D)
2). Urutkan bilangan 34, 43, 25, 52 dari yang terkecil ke yang terbesar.
a. 34, 43, 25,
52
b. 52, 25, 43,
34
c. 52, 25, 34,
43
d. 52, 43, 25,
34
Pembahasan:
Sebelumnya kita harus mengetahui hasil dari perpangkatan
bilangan tersebut. hal itu bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengurutkan
bilangan perpangkatan dari yang terkecil sampai ke yang terbesar maka:
34 =
3 x 3 x 3 x 3 = 81
43 = 4 x 4
x 4 = 64
25 = 2 x 2
x 2 x 2 x 2 = 32
52 = 5 x 5 x = 25
Setelah melihat hasil dari perpangkatan bilangan diatas, maka sudah bisa diurutkan dengan mudah, bahwa urutan bilangan perpangkatan dari yang terkecil sampai ke yang terbesar adalah 52, 25, 43, 34. (Jawaban B)
3). Di antara bilangan berikut, tentukan bilangan ganjil
positif.
a. −11188
b. −112101
c. −11391
d. −114212
Pembahasan:
Perhatikan Tips dan Trik Berikut:
Jika angka yang dipangkatkan negatif tetapi pangkatnya merupakan bilangan genap, hasil perpangkatannya bernilai positif. Misal: -34 = 81
Jika angka yang dipangkatkan negatif tetapi pangkatnya merupakan bilangan ganjil, hasil perpangkatannya bernilai negatif. Misal: -25 = -32
A. positif
B. negatif
C. negatif
D. positif
Kemudian, lihat satuan dari angka yang dipangkatkan.
A. Satuan = 1. 1 dipangkatkan berapa pun tetap 1, yang merupakan
bilangan ganjil.
B. Satuan = 2. 2 dipangkatkan berapa pun hasilnya adalah
bilangan genap.
C. Satuan = 3. 3 dipangkatkan berapa pun hasilnya adalah
bilangan ganjil.
D. Satuan = 4. 4 dipangkatkan berapa pun hasilnya adalah
bilangan genap.
maka dari pernyataan di atas bisa disimpulkan bahwa yang
termasuk bilangan positif ganjil yaitu −11188
(Jawaban: A)
4). Bilangan desimal dengan angka desimal sepersepuluhan terdekat dari √8 adalah ...
a. 2,2
b. 2,4
c. 2,6
d. 2,8
Pembahasan:
Disebabkan
karena √8 = √(4 x 2) = √4 x √2 = 2√2,
Sedangkan nilai pendekatan untuk √2 adalah 1,4
Maka nilai pendekatan untuk √8 adalah 2 x 1,4 = 2,8. (Jawaban D)
B. SOAL
URAIAN
1). Nyatakan bilangan berpangkat tersebut menjadi bilangan desimal
a. 108
b. 58
c. −106
d. 24 × 107
e.(−2)4 × (−3)5
Pembahasan:
a. 10⁸ = 100.000.000
b. 5⁸ = 390.625
c. Jika -10⁶ = -1.000.000, Maka (-10)⁶ = 1.000.000
d. 2⁴ x 10⁷ = 16 x 10.000.000 = 160.000.000
e. (-2)⁴ x (-3)⁵ = 16 x (-243) = 3.888
2). Nyatakan bilangan desimal berikut menjadi bilangan berpangkat (atau bilangan perkalian yang memuat pangkat)
a. 9.000.000
b. 46656
c. −1.500.000
d. 30.375
e. −2.109.375
Pembahasan:
a. 9.000.000 = 9 x 10⁶ =
3² x 10⁶
b. 46656 = 64 x 729 = 2⁶ x 3⁶
c. −1.500.000 = -15 x 10⁵
d. 30.375 = 243 x 125 = 3⁵ x 5³
e. −2.109.375 = -(27 x 78.125) = -(3³ x 5⁷)
3). Dengan menggunakan tanda “<”, “>”, atau “=” nyatakan perbandingan masing-masing bilangan berikut.
a. 53 ... 122
b. 108 ... 810
c. 1.000100 ... 1.00099
d. 99100 ... 100100
e. 300301 ... 301300
f. 1/3100…. 1/4100
g. 2,7133,14 ... 3,142,713
Pembahasan:
a) 5³ = 125
12² = 144
Jadi, 5³ < 12²
b) 10⁸ = (2.5)⁸ = 2⁸.5⁸
8¹⁰ = (2³)¹⁰ = 2³⁰
Jadi, 10⁸ < 8¹⁰
c) 1000¹⁰⁰ = (10³)¹⁰⁰ =
10³⁰⁰
1000⁹⁹ = (10³)⁹⁹ = 10²⁹⁷
Jadi, 1000¹⁰⁰ > 1000⁹⁹
d) 99¹⁰⁰ = (3²11)¹⁰⁰ =
3²⁰⁰.11¹⁰⁰
100¹⁰⁰ = (10²)¹⁰⁰ = 10²⁰⁰
Jadi, 99¹⁰⁰ < 100¹⁰⁰
e) 300³⁰¹
301³⁰⁰ = (300 + 1)³⁰⁰
Jadi, 300³⁰¹ < 301³⁰⁰
f). 1/3100 >
1/4100
g). 2,7133,14 <
3,142,713
4). Tentukan bilangan berpangkat berikut, genap ataukah ganjil.
a. 9088
b. 1340
c. 831
d. −4699
e. −2388
Pembahasan:
a. (-90)⁸⁸ = genap
b. 13⁴⁰ = ganjil
c. 8³¹ = genap
d. (-46)⁹⁹ = genap
e. (-23)⁸⁸ = ganjil
Perhatikan angka paling belakang:
- 0, 8, 6 dipangkatkan berapa pun, angka belakangnya selalu genap
- 3 dipangkatkan berapa pun, angka belakangnya selalu ganjil
5). Tentukan bilangan berpangkat berikut, positif ataukah negatif.
a. 9088
b. −1340
c. −731
d. −4099
e. (−20)88 × (−17)9
Pembahasan:
a. (-90)⁸⁸ = positif
b. (-13)⁴⁰ = positif
c. (-7)³¹ = negatif
d. (-40)⁹⁹ = negatif
e. (-20)⁸⁸ x (-17)³ = positif x negatif =
negatif
Semua angka punya (-)... jadi, lihat
pemangkatnya:
-Apabila pemangkatnya genap, hasil positif
-Apabila pemangkatnya ganjil, hasil negatif